About Ajisaka

 

Ajang Insan Kreatif Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (Ajisaka UGM) merupakan sebuah rangkaian acara yang mewadahi mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan potensi kreatif dalam dirinya melalui beberapa kompetisi, seminar, dan kegiatan bermanfaat lainnya. Acara ini digagas oleh Korps Mahasiswa Komunikasi (KOMAKO) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sejak tahun 2013.

Ajisaka terdiri dari 5 mata lomba, yaitu:

PRAHASTA (Pertempuran Humas Nusantara)
SADEWA (Sayembara Dewa Pariwara)
KRESNA (Kreasi Insan Sinema)
ARJUNA (Ajang Citra Berjuta Warna)
NAKULA (Penelitian Kawula Muda)

Tahun ini merupakan tahun ke-6 dari Ajisaka UGM.

Selain itu, Ajisaka tahun ini akan mengadakan

LAKSAMANA (Lomba Kreasi Siswa SMA Nusantara)
yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2018.

Ajisaka 2018 hadir dengan tema:

Ajisaka 2018 mengangkat tema “Mentas Sesarengan: Mendobrak Batas”. Filosofi tema ini berasal dari etimologi Jawa, yakni mentas yang memiliki makna “keluar dari air” serta sesarengan yang berarti “bersama-sama”. Tema ini berangkat dari kekhawatiran terhadap gejolak intoleransi dan diskriminasi dalam berbagai aspek kehidupan di Indonesia yang semakin gencar. Pemicu gejolak ini adalah kegelisahan, mengenai hidup bersama yang “tak lagi sama”. Multikultural tidak lagi dimaknai dengan sama, sementara Bhinneka Tunggal Ika kini hanya sebagai cita-cita dan ideologi yang semakin tidak dipedulikan di Indonesia.

Ajisaka UGM 2018 mengajak para insan muda dan inisiatif untuk bergerak, menerjang batas-batas permasalahan yang ada, serta menghidupkan kembali akar kehidupan ber-Bhinneka yang sesungguhnya. Dengan mengangkat konsep multitude, yakni sekelompok orang yang hidup bersama dalam keselarasan perbedaan yang ada, Ajisaka UGM 2018 menginisiasi insan  muda untuk mengaktualisasikan diri dalam menerapkan ke-Bhinneka-an yang riil, serta segera “mentas” dari permasalahan yang ada dengan pemecahan masalah yang menyisipkan nilai-nilai positif, yakni ke-Bhinneka-an itu sendiri.